Selasa, 11 Juni 2013

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Cara Menghilangkan Bau Mulut- Bau mulut adalah salah satu hal yang menyebalkan dan dapat membuat malu. Hal ini dapat membuat anda jadi kurang percaya diri dan kadang membuat seseorang tidak nyaman ataupun menderita.

Cara menghilangkan Bau mulut, bau yang ada dalam mulut kita disebabkan oleh berbagai hal, jenis penyakit seperti radang tenggorokan, amandel, gangguan pencernaan juga dapat menjadi pemicu bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, beberapa jenis makanan juga dapat menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.


Selain karena penyakit dan makanan, bakteri yang bersembunyi di rongga mulut bisa menjadi penyebab paling umum dari bau mulut yang tidak sedap. Bakteri-bakteri yang bersembunyi di dalam rongga mulut memiliki kemampuan untuk membusukkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan memproduksi senyawa belerang yang mudah menguap. Menggosok gigi dua kali sehari saja tidak cukup dan belun tentu untuk menjaga agar mulut kita tetap segar sehingga akan terhindar dari bau mulut.

Buah-Buahan yang dapat Menghilangkan Bau mulut

1. Buah Jambu biji

Jambu biji ternyata memiliki aroma yang sangat kuat untuk menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Makanlah beberapa buah setelah mengkonsumsi makanan yang berbau

2. Buah Lemon

Coba hisap irisan lemon, atau menggigit-gigit kecil di pinggiran lemon tersebut. Permen dengan rasa lemon juga dapat membantu menghilangkan bau mulut

3. Buah Apel dan Buah Pir

Buah-buahan jenis ini kaya akan serat, dengan mengunyah buah-buahan semacam ini akan membantu mulut memproduksi air liur. Kedua hal ini akan menciptakan semacam pembersih mulut bagi kita.


Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Sering Sikat Gigi

Faktor utama bau mulut adalah plak yang menempel. Plak yang menempel menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang berasal dari sisa makanan sehingga dapat menimbulkan masalah. Oleh karena itu, sikat gigi Anda minimal dua kali sehari serta gunakan floss atau benang gigi kalau diperlukan. Jangan terlalu berlebihan ketika membersihkan gigi karena bisa mengikis enamel gigi yang menyebabkan gigi Anda rentan terhadap kerusakan.

Daun Sirih

Pengobatan paling alamiah adalah daun sirih yang dipercaya dapat menghilangkan bau mulut secara instan. Hal ini dikarenakan daun sirih mengandung wewangian yang cukup tajam dan bisa membuat nafas menjadi segar. Cara menggunakannya: yaitu dengan menyiapkan daun sirih setelah itu rebus dengan beberapa gelas air panas, lalu diamkan hingga dingin. Kemudian berkumurlah dengan air tersebut, Lakukan secara teratur dan konsisten agar nafas akan terasa segar secara alamiah.

Keju

Keju kaya akan kalsium, rendah karbohidrat, dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.

Konsumsi vitamin C

Dapat mengatasi bau mulut, karena vitamin C dapat mengatasi bau mulut karena bakteri. Dapatkan vitamin C dari buah dan makanan lain, jangan dari suplemen, karena itu hanya dapat memperparah bau mulut.

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet ternyata juga menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi bau mulut anda. Meskipun permen manis dapat membuat mulut anda terasa segar, namun efek segar tersebut hanya berlangsung sementara karena permen manis justru dapat membuat mulut anda kering. Sedangkan mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur di mulut anda sehingga mulut tidak kering. Selain itu, permen karet juga bisa menjadi pembersih gigi.

Berkumur Dengan Antiseptik

Menggosok gigi dua kali sehari tidak cukup untuk menjaga kesehatan mulut anda. Untuk itu, usahakan selalu berkumur dengan cairan antiseptik (obat kumur) setelah gosok gigi. Hal ini dilakukan agar mulut selalu terbebas dari bakteri-bakteri penyebab bau mulut. Selain dengan obat kumur, berkumur dengan air garam juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah bau mulut.

Teh Hijau

Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau dapat diminum setiap hari karena selain dapat mengatasi bau mulut, teh hijau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Hindari Makanan Berbau Menyengat

Makanan yang anda konsumsi ikut mempengaruhi bau mulut. Jika ingin mulut terhindar dari bau yang tidak sedap, Anda harus menjauhi makanan yang berbau menyengat seperti jengkol, petai, dan durian.

Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol merupakan sumber penyakit. Selain dapat menimbulkan bau mulut, rokok juga dapat menimbulkan penyakit gusi, flek gigi, bahkan kanker mulut. Rokok dapat merusak gusi, meninggalkan noda pada gigi, hingga meningkatkan risiko kanker mulut. Untuk berhenti merokok, Anda bisa konsultasi dengan dokter serta membuat program berhenti menghisap tembakau yang akan menghancurkan hidup Anda.

Bersihkan Lidah Anda

Bau mulut juga dapat disebabkan oleh lidah yang ditumbuhi bakteri. Cara menghilangkannya, bersihkan lidah Anda dengan sikat gigi secara perlahan dan lembut. Jika tidak nyaman maka pakailah pembersih lidah.

Periksakan secara teratur ke dokter.

Dengan rutin ke dokter gigi, anda akan tahu bagaimana kesehatan mulut dan gigi anda. Jika ada plak dan kotoran lain pemicu bau mulut, dokter akan membantu mengeluarkannya sehingga nafas anda menjadi segar kembali. Cara termudah untuk mencegah munculnya plak adalah dengan teratur menggosok gigi 2 kali sehari, saat bangun pagi dan sebelum tidur.

Kebiasaan Buruk dapat menyebabkan bau mulut, jadi mulai sekarang hindari kebiasaan buruk itu dan beralihlah ke kebiasaan hidup yang baik dan sehat,

Sekian info tips trik dari saya, semoga bermanfaat - Cara Menghilangkan Bau Mulut