Jumat, 03 Mei 2013

Cara Membuat Permalink di Blogger



Cara Membuat Permalink - Apa itu Permalink? Permalink merupakan singkatan dari Permanent Link yaitu url atau link daripada url posting itu sendiri secara lengkapnya permalink adalah gabungan dari URL/link dan struktur kalimat yang terpotong dengan tanda slash (/) dan dash (-) tersebut merupakan URL spesifik sebuah content/posting blog yang disebut permalink. Permalink merupakan suatu susunan unik yang selalu berbeda dengan permalink lainnya meski dalam satu URL, dan jika sebuah permalink telah publish maka dia tidak bisa diganti (edit) lagi, sesuai dengan namanya permalink yang berarti permanent link.


Sebenarnya contoh permalik itu sendiri simpel cuma url seperti ini:
<a href=http://Infomaniaku.blogspot.com/2012/11/download-windows-8-pro-full-dan-serial.html>Download Windows 8 Pro Full Dan Serial Number</a>
namun jika struktur yang akan kita tempelkan pada blog sesimpel itu akan terlihat kurang bagus makadari itu saya coba rancang sendiri paduan antara permalink dengan share button agar terlihat bagus (lihat gambar diatas).
Kegunaan permalink disamping untuk meningkatkan seo on page juga agar para copazer bisa diingatkan lewat pesan tersebut untuk menyertakan link yang akan dicopasnya.

Cara Membuatnya:
Letakkan kode CSS (yang berwarna biru) dibawah ini diatas ]]></b:skin>


/* Permalink
----------------------------------------------- */
.buatpermalinkblogger{
  border: 1px solid #E4E4E4;
  padding: 5px;
  background: #F4F4F4;-moz-border-radius:5px;
}


.buatpermalinkblogger a{
  background:none;
}


img.float-right {
  margin: 5px 0px 0 10px;
}


img.float-left {
  margin: 5px 10px 0 0px;
}

Kemudian Tambahkan scrip ini (yang berwarna biru) dibawah kode <data:post.body/> yang kedua


<div class=buatpermalinkblogger>
<center><small>Semoga artikel tentang <u><b><a expr:href=data:post.url><data:post.title/></a></b></u> bermanfaat untuk anda dan jika ingin mencopy artikel ini mohon untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya.
<br/><strong><data:post.url/></strong><br/>
</small></center>
<textarea cols=65 id=bloglinking name=bloglinking onclick=this.focus();this.select() onfocus=this.select() onmouseover=this.focus() readonly=readonly rows=1>
<a expr:href=data:post.url><data:blog.pageName/></a></textarea>


<!-- Facebook Button BEGIN -->
<iframe allowTransparency=true expr:src=&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=button_count&amp;show_faces=false&amp;width=100&amp; action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&quot; frameborder=0 scrolling=no style=border:none; overflow:hidden; width:100px; height:20px;/>
<!-- Twitter Button END -->


<!-- Twitter Button BEGIN -->
<a class=twitter-share-button data-via=koderator href=https://twitter.com/share>Tweet</a>
<script>!function(d,s,id){var js,fjs=d.getElementsByTagName(s)[0];if(!d.getElementById(id)){js=d.createElement(s);js.id=id;js.src=&quot;//platform.twitter.com/widgets.js&quot;;fjs.parentNode.insertBefore(js,fjs);}}(document,&quot;script&quot;,&quot;twitter-wjs&quot;);</script>
<!-- Twitter Button END -->


<!-- Google+ Button BEGIN -->
<g:plusone annotation=inline size=medium/>
<script type=text/javascript>
  (function() {
    var po = document.createElement(&#39;script&#39;); po.type = &#39;text/javascript&#39;; po.async = true;
    po.src = &#39;https://apis.google.com/js/plusone.js&#39;;
    var s = document.getElementsByTagName(&#39;script&#39;)[0]; s.parentNode.insertBefore(po, s);
  })();
</script>
<!-- Google+ Button END -->
</div>

Biasanya script diatas akan terhimpit antara kode <data:post.body/> dengan </b:if> jika blog kita sudah mempunyai Read More, dan untuk hasil lebih jelasnya bisa dilihat dibawah ini.
Bila ada yang kebingungan tentang tutorial ini dan belum berhasil untuk menerapkan diblognya silahkan bisa ditanyakan lewat komentar, terimakasih :D.